Sejarah Negara Kamboja

Kerajaan Kamboja ialah satu negara berupa monarki konstitusional di Asia Tenggara. Negara ini adalah penerus Kekaisaran Khmer yang sempat kuasai semua Semenanjung Indochina pada era ke-11 serta 14.

Kamboja bersebelahan dengan Thailand di samping barat, Laos di utara, Vietnam di timur, serta Teluk Thailand di selatan. Sungai Mekong serta Danau Tonle Sap melewati negara ini Jumlah Penduduk.

Mendekati kemerdekaannya, Negara Kesatuan Republik Indonesia banyak menolong negara Kamboja ini. Buku - buku strategi perang karangan perwira militer Indonesia banyak dipakai oleh militer Kamboja. Oleh karena itu, beberapa calon perwira di militer Kamboja, harus belajar serta bisa berbahasa Indonesia.

Riwayat Negara Kamboja

Perubahan peradaban Kamboja berlangsung pada era 1 Masehi. Saat era ke-3,4 serta 5 Masehi, negara Funan serta Chenla menyatu untuk bangun daerah Kamboja. Beberapa negara ini memiliki jalinan dekat dengan China serta India. Kekuasaan dua negara ini roboh saat Kerajaan Khmer dibuat serta berkuasa pada era ke-9 sampai era ke-13.

Kerajaan Khmer masih tetap bertahan sampai era ke-15. Ibukota Kerajaan Khmer terdapat di Angkor, satu daerah yang dibuat pada saat kejayaan Khmer. Angkor Wat, yang dibuat pun saat itu, jadi lambang buat kekuasaan Khmer.

Baca: Penduduk Kamboja

Pada tahun 1432, Khmer dikuasai oleh Kerajaan Thai. Dewan Kerajaan Khmer mengalihkan ibukota dari Angkor ke Lovek, di mana Kerajaan mendapatkan keuntungan besar sebab Lovek ialah bandar pelabuhan. Pertahanan Khmer di Lovek pada akhirnya dapat dikuasai oleh Thai serta Vietnam, juga menyebabkan pada hilangnya sejumlah besar daerah Khmer. Momen ini berlangsung pada tahun 1594. Saat 3 era selanjutnya, Khmer dikuasai oleh Raja-raja dari Thai serta Vietnam dengan bergilir.

Pada tahun 1863, Raja Norodom, yang dilantik oleh Thai, mencari perlindungan pada Prancis. Pada tahun 1867, Raja Norodom tanda-tangani kesepakatan dengan pihak Prancis yang dalamnya memberi hak kontrol propinsi Battambang serta Siem Reap sebagai sisi Thai. Pada akhirnya, ke-2 daerah ini dikasihkan pada Kamboja pada tahun 1906 pada kesepakatan perbatasan oleh Prancis serta Thai.

Baca: Profil Negara Pakistan

Kamboja jadikan daerah Protektorat oleh Prancis dari tahun 1863 s/d 1953, menjadi daerah dari Koloni Indochina. Sesudah penjajahan Jepang pada 1940-an, pada akhirnya Kamboja mencapai kemerdekaannya dari Prancis pada 9 November 1953. Kamboja jadi satu kerajaan konstitusional di bawah kepemimpinan Raja Norodom Sihanouk.

Saat Perang Vietnam tahun 1960-an, Kerajaan Kamboja pilih untuk netral. Ini tidak dilewatkan oleh pejabat militer, yakni Jendral Lon 0 serta Pangeran Sirik Matak yang disebut aliansi pro-AS untuk singkirkan Norodom Sihanouk dari kekuasaannya. Dari Beijing, Norodom Sihanouk akan memutuskan untuk beraliansi dengan gerombolan Khmer Merah, yang mempunyai tujuan untuk kuasai kembali tahtanya yang diambil oleh Lon 0. Perihal ini pula yang menyebabkan perang saudara muncul di Kamboja.

Khmer Merah pada akhirnya kuasai daerah ini pada tahun 1975, serta merubah format Kerajaan jadi satu Republik Demokratik Kamboja yang di pimpin oleh Pol Pot. Mereka dengan selekasnya mengalihkan penduduk perkotaan ke lokasi pedesaan untuk dipekerjakan di pertanian kolektif. Pemerintah yang baru ini inginkan hasil pertanian yang sama juga dengan yang berlangsung pada era 11. Mereka menampik penyembuhan Barat yang menyebabkan rakyat Kamboja kelaparan serta tidak ada obat benar-benar di Kamboja.

Baca: Profil Malaysia

Pada November 1978, Vietnam menggempur RD Kamboja untuk hentikan genosida besar-besaran yang berlangsung di Kamboja. Pada akhirnya, pada tahun 1989, perdamaian mulai digencarkan pada ke-2 pihak yang benseteru ini di Paris. PBB memberikan mandat untuk membuat gencatan senjata pada pihak Norodom Sihanouk serta Lon 0.

Saat ini, Kamboja mulai tumbuh karena pertolongan dari banyak pihak asing sesudah perang, meskipun konsistensi negara ini kembali tergoncang sesudah satu kudeta yang tidak berhasil berlangsung pada tahun 1997.

Baca: Profil Timor Leste

Sumber Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Kamboja